Kecerdasan Buatan Bidang Pendidikan
Computer Assisted Instruction (CAI )
Intelligence Computer – aided Instruction (CAI) juga termasuk ke dalam lingkup kecerdasan buatan. Komputer ini digunakan sebagai tutor yang dapat melatih dan mengajar. CAI merupakan pengembangan lebih lanjut dari Computer Assisted Instruction (CAI ).
CAI dapat diartikan sebagai penggunaan komputer secara langsung dengan siswa untuk menyampaikan isi pelajaran, memberikan latihan dan mengetes kemajuan belajar siswa. . CAI juga bermacam-macam bentuknya bergantung kecakapan pendesain dan pengembang pembelajarannya, bisa berbentuk permainan (games).
Pemanfaatan komp uter dalam p endidikan dikenal den gan p embelajar an den gan bantuan komputer (CAI). CAI (Computer Assisted Instruction) adalah suatu sistem penyampaian materi pelajaran yang berbasis mikroposesor yang pelajarannya dirancang dan diprogram ke dalam sistem tersebut. Dalam mode ini, komp uter bisa menamp ilkan p embelajar an, men ggunakan berbagai jenis media (teks, gambar, suara, video), meny ediakan aktivitas dan suasana p embelajaran, kuis atau dengan meny ediakan interaksi d ari siswa, men gevalu asi jawab an siswa, menyediakan ump an balik dan men entukan aktivitas tindak lanjut y ang sesuai sehingga siswa dapat berinteraksi secara aktif.
Pemanfaatan program CAI dalam
pembelajaran berbasis internet dapat dilakukan dengan menempatkan berbagai
macam program soft ware CAI dalam sebuah server yang tersambung ke internet,
sehingga dapat diakses oleh
peserta didik baik melalui
Web-Browser ataupun File Transport Protocol (Aplikasi Pengiriman File).
Ada lima tipe CAI yang sering dipergunakan ( Patterson, Strickland, 1986) yaitu
:
a.
Drill and Practice (Latihan dan Praktek)
Tipe
Drill and Practice menyajikan materi pelajaran untuk dipelajari secara
berulang. Tipe program ini adalah cocok dipergunakan sewaktu pengajar
menyajikan latihan soal dengan disertai umpan balik. Tipe perangkat lunak ini
sering kali dipergunakan untuk menambah pelajaran pada bidang matematika atau
faktual. Selama pelaksanaan latihan-latihan soal pada Drill and Practice,
komputer dapat menyimpan jawaban yang salah, laporan nilai, contoh jawaban yang
salah dan pengulangan dengan contoh-contoh masalah yang telah dijawab secara
tidak benar.
b. Tutorial
Tipe Tutorial ini menyajikan materi yang telah diajarkan atau menyajikan materi baru yang akan dipelajari. Pada program ini memberi kesempatan untuk menambahkan materi pelajaran yang telah dipelajari ataupun yang belum dipelajari sesuai dengan kurikulum yang ada. Tutorial yang baik adalah memberikan layar bantuan untuk memberikan keterangan selanjutnya atau ilustrasi selanjutnya. Dan juga untuk menerangkan segala informasi untuk menyajikan dan bagaimana menyajikannya. Ketika kita mengevaluasi Tutorial, kita perlu untuk mengevaluasi jika Tutorial tidak hanya menyajikan informasi tapi juga harus menerangkan jawaban-jawaban yang salah. Sewaktu program ini menerangkan jawaban- jawaban yang salah, program ini harus mempunyai kemampuan untuk melanjutkan pelajaran dari poin dengan memberi umpan balik pada informasi yang salah dimengerti sebelum melanjutkan ke informasi baru.
Tipe Tutorial ini menyajikan materi yang telah diajarkan atau menyajikan materi baru yang akan dipelajari. Pada program ini memberi kesempatan untuk menambahkan materi pelajaran yang telah dipelajari ataupun yang belum dipelajari sesuai dengan kurikulum yang ada. Tutorial yang baik adalah memberikan layar bantuan untuk memberikan keterangan selanjutnya atau ilustrasi selanjutnya. Dan juga untuk menerangkan segala informasi untuk menyajikan dan bagaimana menyajikannya. Ketika kita mengevaluasi Tutorial, kita perlu untuk mengevaluasi jika Tutorial tidak hanya menyajikan informasi tapi juga harus menerangkan jawaban-jawaban yang salah. Sewaktu program ini menerangkan jawaban- jawaban yang salah, program ini harus mempunyai kemampuan untuk melanjutkan pelajaran dari poin dengan memberi umpan balik pada informasi yang salah dimengerti sebelum melanjutkan ke informasi baru.
c. Simulation (simulasi)
Tipe simulasi memberikan kesempatan untuk menguji kemampuan
pada aplikasi nyata dengan menciptakan situasi yang mengikutsertakan
siswa-siswa untuk bertindak pada situasi tersebut. Simulasi dipergunakan untuk
mengajar pengetahuan prosedural seperti belajar bagaimana untuk menerbangkan
pesawat atau mengemudikan mobil. Program simulasi yang baik dapat memberikan
suatu lingkungan untuk situasi praktek yang tidak mungkin dapat dilakukan di
ruang kelas atau mengurangi resiko kecelakaan pada lingkungan sebenarnya.
d. Problem Solving (Memecahkan Masalah)
Tipe Problem Solving menyajikan masalah-masalah untuk siswa
untuk menyelesaikannya berdasarkan kemampuan yang telah mereka peroleh. Program
ini memberikan aplikasi dasar strategi pemecahan masalah, analisis akhir,
mencari ruang permasalahan, dan inkubasi Program ini akan membantu siswa untuk
menciptakan dan mengembangkan strategi pemecahan masalah mereka.
e. Instructional/ Educational Games
Tipe Instructional atau Educational Games merupakan program
yang menciptakan kemampuan pada lingkungan permainan. Permainan diberikan
sebagai alat untuk memotivasi dan membuat siswa untuk melalui prosedur
permainan secara teliti untuk mengembangkan kemampuan mereka.
0 comments:
Posting Komentar