Selasa, 26 November 2013

Cara Meng-Enkripsi Data

Posted by Nur Chasanah Isnaini at 20.02


Untuk meng-Enkripsi data, pertama-tama buka web yang menyediakan layanan cara meng-Enkripsi data gratis. Untuk itu saya menggunakan link http://online-calculators.appspot.com/caesar/ . Masukan kalimat yang akan diEnkripsikan. Misalnya saya memasukan paragraf dibawah ini :
Dimulai saat aku memutuskan untuk memilih Universitas Diponegoro sebagai tempatku belajar.
Ketika itu aku duduk dibangku kelas 3 SMA, diharuskan memilih perguruan tinggi negeri yang ingin dimasuki. Aku adalah orang yang labil dalam menentukan pilihan tapi aku sudah memutuskan untuk memilih Universitas Diponegoro, yang membuat aku bingung itu dalam menentukan jurusan manakah yang akan aku pilih. Guru memerintahkan untuk segerah menentukan pilihan, ketika itu dinamakan SNMPTN yaitu masuk perguruan tinggi negeri lewat jalur undangan. Seketika aku memilih Universitas Diponegoro jurusan Sistem Komputer dan Kesehatan Masyarakat karena aku saat di SMA masuk dalam jurusan IPA. Sayang, aku gagal masuk lewat jalur SNMPTN tersebut. Aku sempat kecewa dan merasa putus asa.

Kemudian ada Encrypt dan Decrypt. Pilih Encrypt lalu klik Encode / Decode. Hasilnya akan seperti dibawah ini :
Glpxodl vddw dnx phpxwxvndq xqwxn phplolk Xqlyhuvlwdv Glsrqhjrur vhedjdl whpsdwnx ehodmdu. Nhwlnd lwx dnx gxgxn gledqjnx nhodv 3 VPD, glkduxvndq phplolk shujxuxdq wlqjjl qhjhul bdqj lqjlq glpdvxnl. Dnx dgdodk rudqj bdqj odelo gdodp phqhqwxndq slolkdq wdsl dnx vxgdk phpxwxvndq xqwxn phplolk Xqlyhuvlwdv Glsrqhjrur, bdqj phpexdw dnx elqjxqj lwx gdodp phqhqwxndq mxuxvdq pdqdndk bdqj dndq dnx slolk. Jxux phphulqwdkndq xqwxn vhjhudk phqhqwxndq slolkdq, nhwlnd lwx glqdpdndq VQPSWQ bdlwx pdvxn shujxuxdq wlqjjl qhjhul ohzdw mdoxu xqgdqjdq. Vhnhwlnd dnx phplolk Xqlyhuvlwdv Glsrqhjrur mxuxvdq Vlvwhp Nrpsxwhu gdq Nhvhkdwdq Pdvbdudndw nduhqd dnx vddw gl VPD pdvxn gdodp mxuxvdq LSD. Vdbdqj, dnx jdjdo pdvxn ohzdw mdoxu VQPSWQ whuvhexw. Dnx vhpsdw nhfhzd gdq phudvd sxwxv dvd.
Dan jika kita mengubah kalimat yang sudah diEncrypt keDecrypt, hasilnya akan tetap seperti semula.

0 comments:

Posting Komentar

 

Naungan Hati Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea